FK UNS Lantik 129 Maba Program Pendidikan Dokter Spesialis

FK UNS Lantik 129 Maba Program Pendidikan Dokter Spesialis

UNS — Fakultas Kedokteran (FK) Kampus Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengangkat 129 Mahasiswa Baru (Maba) Program Pendidikan Dokter Specialist (PPDS) Masa II Tahun Akademis 2022/2023.

Acara pengukuhan diadakan dengan offline di Auditorium FK UNS, Senin (16/1/2023). Acara itu ikut didatangi oleh Wakil Rektor Akademis dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Dr. Ir. Ahmad Yunus, M.S., Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K)., beberapa Wakil Dekan di FK UNS, Kepala UPT Penyeleksian Akseptasi Mahasiswa Baru (SPMB) UNS, Prof. Dr. Ir. Hadiwiyono, M.Sang., Kepala Agen Akademis dan Kemahasiswaan UNS, Drs. Rohman Agus Pratomo dan beberapa Kepala Program Studi (Kaprodi) PPDS di FK UNS.

Kepala UPT SPMB UNS, Prof. Hadiwiyono, menjelaskan jika Maba PPDS yang dikukuhkan ini adalah dari hasil rangkaian proses penyeleksian yang registrasinya diawali di bulan September 2022 dan sudah dilaksanakan sesuai ketetapan yang berjalan. Adapun jumlah Maba PPDS yang bisa lolos tahapan dua dan sudah lakukan register sekitar 129 mahasiswa.

“Proses penyeleksian ini dipisah jadi dua tahapan. Penyeleksian tahapan I dilaksanakan langkah lakukan ujian online dengan materi TPA dan Kekuatan Bahasa Inggris atau mungkin dengan mengupload sertifikat TPA BAPPENAS dan sertifikat TOEFL ITP/IELTS. Pada ipmboyolali.com ujian tahapan II dilaksanakan dengan offline yang mencakup test interviu Prodi, test sektor keilmuan, psikotes, portofolio, test kesehatan fisik (MCU), dan test interviu oleh pimpinan kampus dan rumah sakit,” papar Prof. Hadiwiyono.

Wakil Rektor Akademis dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Yunus sampaikan jika pada ujian tahapan ke-1, jumlah pendaftar ialah 334. Dari jumlahnya itu yang dipastikan bisa lolos ujian tahapan ke-1 dan memiliki hak untuk meng ikuti ujian tahapan kedua ialah 316 atau dalam range 94,61%. Selanjutnya berdasar hasil ujian tahapan kedua, ada sekitar 129 calon mahasiswa dari 15 Prodi yang sudah dipastikan bisa lolos penyeleksian.

“Makin tahun, makin banyak jumlah pendaftar calon mahasiswa di UNS. Pasti kompetisi juga jadi makin ketat. Kami mendapatkan laporan dari UPT SPMB jika jumlah yang diterima PPDS Masa II Tahun 2022/2023 ialah 129 dari 334 orang pendaftar. Ini pasti pantas disyukuri, untuk beberapa pendaftar yang diterima. Kalian ialah pendaftar yang unggul terseleksi dan bisa diterima sebagai Maba di PPDS UNS perguruan tinggi kelas atas dan unggul di Indonesia. Karena itu ke beberapa calon Maba PPDS masa II Tahun 2022/2023 saya berikan selamat dan mudah-mudahan Allah meberikan kelancaran dan keberhasilan studi kalian,” tutur Prof. Yunus.

Selesai dikukuhkan, acara pengukuhan ditutup penyerahan daftar nama Maba PPDS dari Rektor UNS yang diwakilkan oleh Wakil Rektor Akademis dan Kemahasiswaan UNS, Prof. Yunus ke Dekan FK UNS, Prof. Reviono.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *