Mengenal Tentang Makanan Khas Kota Surabaya

Kota Surabaya, sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, memiliki slot deposit 10 ribu beragam makanan khas yang lezat dan beraneka ragam. Berikut adalah beberapa makanan khas Kota Surabaya yang patut dicoba:

1. Rawon:

  • Rawon adalah sup daging hitam yang khas dari Jawa Timur, termasuk Surabaya. Sup ini menggunakan bumbu kluwek yang memberikan warna hitam pada kuahnya. Rawon biasanya disajikan dengan nasi, tauge, telur asin, dan daun bawang.

2. Rujak Cingur:

  • Rujak Cingur adalah hidangan rujak yang menggunakan bumbu kacang khas Jawa Timur. Ciri khasnya adalah tambahan cingur (potongan hidung sapi direbus) dan lontong. Rujak ini menyajikan kombinasi rasa yang unik antara manis, asam, dan pedas.

3. Lontong Balap:

  • Lontong Balap adalah hidangan khas Surabaya yang terdiri dari lontong, tauge, tahu, dan lentho (gorengan kacang hijau). Hidangan ini kemudian disiram dengan kuah kacang kental dan bumbu petis.

4. Semanggi Surabaya:

  • Semanggi Surabaya adalah salad sayuran segar yang biasanya dihidangkan dengan kerupuk udang dan disiram dengan kuah petis.

5. Tahu Tek:

  • Tahu Tek adalah hidangan yang terdiri dari tahu goreng yang diisi dengan taoge, kentang rebus, dan lontong. Semuanya disajikan dengan kuah kacang yang kental dan bumbu petis.

6. Tutut:

  • Tutut adalah hidangan berbahan dasar ikan yang diolah dengan cara digoreng dan disajikan dengan sambal petis. Makanan ini umumnya dijumpai di warung-warung atau pedagang kaki lima.

7. Kroket Singkong:

  • Kroket Singkong adalah camilan yang terbuat dari singkong yang digoreng dengan lapisan tepung. Kroket ini biasanya diisi dengan ragout daging dan sayuran.

8. Ronde:

  • Ronde adalah bola-bola klepon yang terbuat dari ketan ketika dipipihkan dan diisi dengan kacang tanah dan kelapa parut yang dicampur gula kelapa. Bola-bola ini kemudian dimasak dalam kuah jahe manis.

9. Sate Klopo:

  • Sate Klopo adalah sate yang terbuat dari daging ayam atau kambing yang dipanggang dan dilumuri kelapa parut yang sudah disangrai. Rasanya gurih dan kaya rempah.

10. Kerak Telor:

  • Kerak Telor adalah makanan tradisional yang terbuat dari campuran beras ketan, telur ayam, kelapa parut, ebi (udang kering), bawang merah, bawang putih, dan garam. Semuanya dipanggang hingga matang.

Jangan lewatkan untuk mencicipi kelezatan makanan khas Surabaya ini ketika Anda berkunjung ke kota ini. Keunikan rasa dan keberagaman makanan akan memberikan pengalaman kuliner yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *