Tips Pasang Stiker Kaca Depan Mobil

Stiker kaca depan mobil sering diaplikasikan guna membuat penampilan kendaraan terlihat sedikit berbeda dari mobil sejenis. Sebab pemasangan stiker baik di kaca maupun bodi, adalah langkah paling mudah dalam memodifikasi mobil, sekaligus tak butuh dana terlalu banyak.

Tentunya motif, gambar, serta contoh tulisan stiker kaca depan mobil bisa disesuaikan dengan selera si pemilik mobil. Atau bisa juga diselaraskan dengan tema modifikasi yang sudah dilakukan pada mobil tersebut.

Walau demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak modifikasi stiker kaca mobil depan. Karena kalau sembarangan, stiker tersebut toto sgp tampak kurang indah di pandang serta tidak akan bertahan lama menempel di kaca mobil Anda.

Pilih Bahan Stiker untuk Kaca Mobil

Sebelum menempelkan stiker pada kaca mobil, baik di bagian depan, samping atau belakang, pastinya Anda harus punya stikernya terlebih dulu. Stiker-stiker ini bisa dibeli yang sudah siap ditempel atau bisa pula dipesan custom sesuai permintaan Anda.

Namun pada jasa percetakan atau pemasangan stiker untuk kendaraan bermotor seperti motor, mobil, truk, maupun untuk kebutuhan kantor dan gedung, umumnya menggunakan beberapa material bahan stiker. Yaitu sebagai berikut:

1. Vinyl

Bahan stiker ini paling sering digunakan oleh jasa percetakan stiker. Selain untuk stiker mobil, bahan tersebut juga dipakai untuk stiker dekorasi ruangan, perabotan rumah tangga, sampai keperluan iklan. Harganya yang terjangkau dan memiliki perekat yang kuat menjadikan stiker ini digemari. Namun jika diaplikasikan pada outdoor alias ruang terbuka, seringkali tinta cetakan mudah luntur seiring terpaan sinar matahari dan hujan.

2. Oracal

Kalau bahan stiker yang ini paling akrab digunakan para penyedia jasa pemasangan stiker untuk kendaraan bermotor. Sebab bahan stiker asal Jerman ini mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama baik untuk daya rekat maupun kualitas warnanya. Selain pilihan warnanya juga beragam mulai dari glossy sampai yang dof, stiker ini pun tidak akan merusak lapisan permukaan cat saat dicabut.

3. Scotchlite

Bahan stiker ini juga cukup sering digunakan untuk stiker mobil. Keunikannya warna stiker akan memantulkan cahaya jika terkena sinar, baik sinar lampu atau sinar matahari. Dengan teknologi inilah umumnya stiker scotchlite dipakai pada kendaraan komersial seperti pick up, mobil box, atau truk, dengan alasan membantu visibilitas bagi kendaraan lain ketika malam hari.

Cara Pasang Stiker di Kaca Mobil

Kalau sudah menentukan mau pakai stiker berbahan apa, maka langkah selanjutnya yang patut diketahui adalah cara memasang stiker tersebut di kaca mobil Anda. Untuk hasil maksimal, sebaiknya ikuti tahapan pasang stiker kaca mobil berikut ini:

  • Bersihkan permukaan kaca yang akan dipasang stiker dengan mengelapnya pakai lap basah yang bersih. Pastikan tidak ada debu, kotoran atau minyak yang menempel di permukaan kaca itu;
  • Siapkan air bersih yang dicampur sedikit shampo atau sabun cuci mobil, lalu tuangkan dalam wadah semprotan kaca;
  • Semprotkan cairan sabun tersebut ke permukaan kaca yang hendak dipasang stiker, dan biarkan saja kondisinya basah tidak perlu di lap kering;
  • Tempelkan stiker yang sudah disiapkan pada permukaan kaca yang masih basah oleh air sabun tadi, namun jangan ditekan terlalu kuat dulu ke permukaan kaca;
  • Pastikan dulu posisinya sudah sesuai dengan yang dikehendaki, baru ratakan menggunakan scraper/rakel untuk membuang sisa-sisa air sabun yang terkumpul pada bagian belakang stiker. Jika tidak punya scraper Anda bisa gunakan kartu uang elektronik yang sudah tidak terpakai;
  • Periksa seluruh permukaan stiker untuk memastikan sudah tidak ada bagian stiker yang menggelembung dan menempel dengan sempurna. Jika masih ada gelembung di bagain dengah stiker, kembali ratakan dengan scraper;
  • Jika semua sudah selesai, lap permukaan kaca dan stiker untuk menghilangkan sisa-sisa air sabun yang masih ada supaya kaca mobil kembali bersih dan tidak mengganggu visibiitas berkendara.
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *